Cerita Mudik: Jogja-Kendal via KA Joglosemarkerto

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh...

Mungkin tulisan kali ini latepost banget ya hehe secara lebaran Idul Fitri udah 4 bulan yang lalu. Ini pengalaman pertama kali saya mudik menggunakan jasa layanan transportasi dari PT. KAI, yaaps apalagi kalo bukan kereta api.  Secara baru 2 tahun merantau, selebihnya masih stay di zona nyaman wkwk. Mudik 2018 kemarin saya menggunakan bus patas, tapi mudik tahun ini saya memilih untuk naik kereta aja. Sejujurnya saya masih trauma dengan kejadian kecopetan yang menimpa saya di angkot sewaktu hendak pulang ke Jogja akhir Maret kemarin, ceritanya bisa dibaca (disini) ya.

Jadwal mudik saya sendiri adalah H-3 lebaran, mepet banget ya emang. Dulu saya pesen tiketnya H-30 sebelum keberangkatan, dan saya juga menyesuaikan dengan kalender akademik yang mana tgl 31 Mei adalah hari terakhir kuliah di smt genap. Eh ternyata tau2 ada cuti bersama mulai tgl 30, rasanya pengen reschedule tapi udah full semua.

Oiya balik lagi ke topik awal, ada 2 jenis kelas di KA Joglosemarkerto ini yaitu eksekutif dan ekonomi. Saya pilih yang ekonomi dulu deh ntar kalo dah kerja dan punya uang sendiri boleh pesen yang eksekutif hehe. Saya berangkat dari St. Lempuyangan, Yk dan berakhir di St. Weleri, Kdl. Harga tiketnya sendiri Rp. 112 rb untuk yang ekonomi, sementara eksekutif Rp. 197 rb kalo ngga salah. Berhubung waktu itu saya pesennya lewat aplikasi KAI Access dan bayarnya lewat LinkAja, dapet deh potongan Rp. 20 rb jadi saya cukup membayar Rp. 92 rb. Yeaaay!! Lumayan potongannya bisa buat isi pulsa.

KA Joglosemarkerto ini mulai beroperasi sejak Desember 2018 lalu, ini bukan pertama kali saya naik KA Joglosemarkerto, sebelumnya juga udah pernah waktu mau ke Bandung dan transit di St. Purwokerto. KA ini berangkat dari St. Lempuyangan jam 06.58 WIB dan sampe St. Weleri jam 13.55 WIB. 7 jam perjalanan, padahal biasanya kalo naik bus cukup 4 jam-an haha yaiyalah karena rute yang dilewati KA Joglosemarkerto sendiri adalah Purworejo, Kebumen, Purwokerto, Cilacap, Tegal, Pemalang, Pekalongan, dan Batang. Jadi, serasa muter-muter jateng kan? Tapi, ngga masalah sih bagi saya itung-itung ini penyegar mata dan pikiran setelah bergelut dengan smt 4 toh pemandang yang dilihat selama perjalanan juga indah.

Sebagai pengusir rasa bosan saya bawa buku novel dan nonton film di lepy, eh sesekali juga ngobrol lah sama penumpang yang satu seat. Bagi saya ini perjalanan mudik yang nyaman, 7 jam perjalanan dengan full AC kalo naik bus dapet ACnya paling 2,5 jam doang. Gpp deh harus menempuh waktu 7 jam, biayanya juga 2 kali lipat dibanding naik bus. Gpp deh yang penting saya pulang dengan aman dan selamet. Saya juga ngga ngebayangin sih kalo naik bus, ribet. Turun dari bus patas di Ungarangan, nanti naik Trans Semarang transit di Balaikota, lanjut lagi sampe Terminal Mangkang trus nyari angkot lagi dari Mangkang sampai Patebon, turun di Patebon nyari lagi angkot sampai rumah toh sebenernya angkotnya ngga sampe rumah cuma turun sampe Pasar Pegandon huahua. Pokoknya ngga bisa ngebayanginlah belum lagi kemarin pulang bawa koper dan ada barang titipan juga. Saya antisipasi aja karena biasanya di waktu mendekati hari raya Idul Fitri itu tindak kriminalitas seperti pencopetan di angkutan umum itu bisa meningkat. Dan seperti yang saya katakan tadi, saya masih trauma! Turun dari St. Weleri perjalanan saya lanjutkan dengan menggunakan grabcar sampe rumah, hueee senangnya.

FYI, di Kendal sendiri ada 3 stasiun aktif yaitu Weleri, Kalibodri, dan Kaliwungu, tapi yang melayani naik-turunnya penumpang cuma  di Weleri aja. Kalo belum tau St. Weleri ada dimana, letaknya berada di belakang Pasar Weleri. Sebenernya enak kalo bisa berhenti St. Kalibodri soalnya deket sama rumah cukup 15 menit sampe, kalo di Weleri kan hampir 45 menitan.

Sekian dulu ya cerita perjalanan mudik lebaran kali ini, terima kasih udah berkunjung dan mau membaca tulisanku ini. Semoga bisa menjadi referensi kalo mau ke Kendal naik kereta dari Jogja hehe.