Kenapa Ngeblog?





 Bismillahirahmannirrahim
Assalamu’alaikum warrahmatullah wabarakatuh

Kalo dirunut cerita ke belakang kenapa sih saya buat blog ini? Sebenernya random banget sih. Blog ini dibuat ketika masih SMA kelas 11, jadi waktu itu ceritanya lagi ngerjain tugas laporan Mapel Sosiologinya Pak Agung karena laporannya harus diketik yaudah ngerjainnya pake laptopnya temen. Sambil ngerjain laporan, iseng-iseng gitu mau main game online (hiyaa multitasking macam apa ini) trus entah kenapa kayak terbesit gitu dalam pikiran “mau coba buat blog ah. Eh tapi di blog mau nulis soal apa dulu nih? Halah itu mah dipikir ntaran, penting dibuat aja dulu blognya” seriously, saat itu juga tanpa babibu langsung buat blog ini haha. Jadi, blog ini dibuat tanpa ada perencanaan yang pasti, random banget, ngalir gitu aja. Sebelumnya, saya juga suka kok baca tulisan di blog orang, kalo ada koneksi internet sering gitu blogwalking. Mungkin itu juga yang mendorong untuk membuat blog tanpa disadari. Di satu sisi saya juga ada minat terhadap dunia IT dan tulis-menulis, yaa meskipun pas waktu buat blog ini masih minim banget pengetahuan tentang dunia blog, dunia web tapi hajar aja sih. Kalo masih belum mudeng juga sering baca-baca tutorial yang ada di google, ngutak-ngatik pengaturan blog alakadarnya yang akhirnya jadi juga haha. Alakadarnya bangetlah pokoknya.

Tak terasa kini blogku ini udah berusia 5 tahun wkwk pokoknya dibuat bulan Januari 2015 tanggalnya udah lupa, pertengahan kalo ngga salah. Ya, bisa diliat sendiri ya kayak apa isi blogku ini masih random banget kan? Belum bisa terorganisir dengan baik apa aja yang ingin ditulis di sini. Udah gitu jarang banget nulisnya. Jujur aja sih, masih merasa kurang konsisten dalam menulis untuk blog ini. Kadang sempet berada di posisi memiliki semangat yang menggebu-gebu untuk bisa produktif nulis di sini. Kadang ada juga di posisi dimana semangat mau nulis itu rendah banget. Haha fluktuatif emang. Dulu, pas awal-awal punya blog itu belum ada laptop sendiri palingan bisa nulis itu kalo lagi dipinjemin temen laptopnya sekalian nge-update isi blog. Punya laptop aja pas awal-awal udah kuliah, itu pun kadang kalo mau nulis di blog merasa kayak ngga sempet karena udah kepake waktunya buat yang lain wkwk. Kalo lagi ngedraft aja sedikit demi sedikit, misal selo ya udah coba nulis, dapet 1 paragraf yaudah tutup lagi sampe ketemu sama waktu yang selo lagi. Atau kalo ngga emang bener-bener ada waktu yang selo, dan mood sama semangat nulisnya tinggi banget yaudah nulis aja terus tanpa jeda-jeda sekalian editing dan update hehe. Yah, karena itu tadi bagiku namanya mood dan semangat buat nulis itu mudah datang, mudah pergi. Buat menstimulus mood mau nulis itu ada, kadang saya baca blog orang yang mana dia itu tipikal orang yang aktif ngeblog dari situ kadang munculah perasaan “wah pengen kayak gini juga nih, aktif nulis aktif ngeblog” tapi, ya ngga selamanya juga cara itu berhasil diterapin kadang Cuma keasikan baca aja, sementara mood buat nulisnya ngga muncul-muncul hehe. lol.

Meskipun awalnya buat blog ini random banget, tapi seiring perjalanan kayak menyadari gitu kalo ada banyak sisi positif yang bisa kita dapatkan dari ngeblog ini. Bisa aja kan tulisan-tulisan yang ada di blog ini bisa menjadi footprints buat anak-anakku kelak yang bakalan mereka baca, bisa juga kan dikenalkan ke anak-anaknya juga nantinya hehe. who knows lah ya. Setidaknya apa yang udah saya tuliskan bisa menjadi pelajaran bersama baik saya yang nulis, maupun pembaca. karena ini kan termasuk juga dalam platform digital, jadi saya juga harus aware terhadap apa yang saya tulis dan sampaikan. Ya, intinya di blog ini adalah wadah saya untuk bercerita tentang pengalaman apapun yang saya temui, tentang ide, opini, dan pikiran yang ada dalam diri saya. Saya ingin membagikannya kepada yang lain juga karena siapa tau ada sesuatu pelajaran yang bisa diambil. Dan saya ingin melatih kemampuan menulis diri sendiri untuk terus bisa berkembang. Harapannya sih semoga di tahun ini bisa gitu konsisten nulis di blog setiap bulan, meskipun sebulan sekali. Pun sekarang saya juga sedang berjuang menjadi mahasiswa tingkat akhir, sedang menjalankan PKL dan mengerjakan Tugas Akhir. Mohon doanya ya semoga tahun ini saya bisa lulus, merampungkan amanah ini. Aamiin. Sekian dulu tulisan ini, kita sambung-sambung lain kesempatan ya Insya Allah.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Comments