Mengurus Formulir A5 KPU


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum waramatullah wabarakatuh.

2019. Ada apa di tahun 2019 ini bagi rakyat Indonesia sendiri? Yups betul sekali! Di tahun 2019 ini akan diadakan kembali pesta demokrasi 5 tahun sekali, pileg dan pilpres. Pemilu tahun ini akan diadakan pada hari Rabu, 17 April 2019. Berhubung status saya kini  adalah seorang anak rantau, jadi saya putuskan untuk nyoblos pemilu nanti di tanah rantau saja hehe kalo pulang cuma sehari aja itu kok kayaknya nanggung, yang ada nanti saya malah capek buat perjalanan pulang-pergi aja, belum lagi ongkos yang dikeluarkan untuk sekali pulang juga lumayan. Karena saya mau nyoblosnya di sini, itu artinya saya harus pindah TPS dari rumah ke TPS domisili saya yang sekarang.

Seminggu yang lalu saya mengurus formulir A5 tersebut di kampus, ngurusnya ngga ribet kok yang penting sabar karena antrenya panjang hehe. Sekitar pertengahan bulan Januari banyak sekali informasi mengenai cara mengurus formulir A5 yang saya temukan di media sosial. Awalnya saya mau ngurus formulirnya sesuai alur yang ada di informasi yang ada, tapi saya masih mikir-mikir siapa tau nanti di kampus ada pelayanan terkait ini. Selang beberapa hari ada BCan terkait. Akhirnya saya batal buat ngurus formurlir  A5 di kantor KPU Kabupaten Sleman hehe karena di kampus bakalan ada program KPU corner, menurut informasi yang saya baca di akun Instagramnya BEM KM UGM, program ini merupakan hasil kerja sama dengan KPU Kabupaten Sleman. Awalnya ada BCan terkait form pendataan awal yang bisa diisi pada tanggal 4-7 Februari, lalu selang beberapa hari kemudian rilis info mengenai tata cara mengurus dan lokasi KPU Corner yang bisa diurus pada tanggal 13-14 Februari dari jam 8 pagi – 12 siang. Terdapat 3 lokasi posko yaitu di FT, FEB, PAU, FKT, SV, dan FKG. Berhubung saya tinggal di Kecamatan Depok, maka posko yang saya tuju adalah posko 1 yang berada di kampus FT pada hari pertama dan FEB pada hari kedua. Saya mengurus formnya pada hari kedua soalnya yang deket kos sendiri dan sekalian berangkat kuliah, kalo di FT mayan jauh dari kos hehe.

Saya sengaja berangkat lebih awal jam setengah 8 biar nanti bisa dapet antrean paling depan, cepet selesai dan biar bisa segera masuk kelas. Waktu tempuh dari kos ke kampus FEB sekitar 10 menitan, sekitar jam 7.40an saya istirahat bentar sambil memperhatikan sekitar, mengamati di gedung mana posko berada. Setelah mencoba berkeliling-keliling tapi belum ketemu juga, saya tanya ke bapak satpam dan ternyata poskonya ada di lantai dasar gedung learning center FEB, baiklah saya berjalan menuju gedung tersebut. Sekitar jam 8 lebih beberapa menit akhirnya posko dibuka, untung saya nunggunya deket meja petugas jadi bisa dapet barisan agak depan hehe.

Formulir A5 KPU

Awalnya kita berbaris untuk menunjukkan berkas-berkas seperti e-ktp, no. kk, dan bukti sudah terdaftar di DPT, lalu mengisi data dan dipandu pengisian formulirnya. Jika pengisian formulirnya sudah selesai, maka formulirnya bisa diserahkan kembali ke petugas yang lain lagi untuk diberikan tanda tangan, stempel, dan nomor TPS tempat kita akan mencoblos nanti. Sudah selesai, itu saja. Simple kan? dan simpan formulir dengan baik, dibawa pada saat mencoblos nanti. Jadi, jangan lupa ya tanggal 17 April 2019 nanti datang ke TPS dan gunakan hak pilihmu. Jangan golput! Karena golput itu bukan solusi!

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Comments