Memeluk Mereka dalam Rindu



Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh .

Dalam suatu perjalanan pasti memberikan kita hikmah-hikmah yang bisa kita ambil, semua kembali pada kita bagaimana kita menyikapinya dan kepekaan kita akan adanya hikmah-hikmah tersebut. Dalam suatu perjalanan juga menuntun kita untuk bertemu dengan orang-orang baru yang hadir menjadikan cerita perjalanan cerita kita menjadi ada rasanya. Ini tentang saya dan pertemuan dengan mereka, rasa rindu pasti akan selalu hadir, namun kini saya hanya bisa memeluk mereka lewat rasa rindu yang hadir.

Beberapa waktu yang lalu, saya berkesempatan pergi ke Bandung. Ngapain? Hmm ada kegiatan di sana, jangan dikiranya saya jalan-jalan ya di sana. Saya pergi ke Bandung, lebih tepatnya ke Masjid Salman ITB  untuk mengikuti kegiatan SSC 18 dan LMD 195. Apa sih itu? Jadi itu adalah  kaderisasinya Salman ITB. Kalo mau tau lebih lanjut cek aja IGnya @kaderisasisalman hehe.

Selama di Bandung, awalnya mau tinggal di kostnya temen yang kuliah di Bandung. Tapi, karena dia ada urusan di rumahnya akhirnya dia pulang kampung lebih cepat. Saya berangkat, dia pulang. Awalnya saya sempat bingung mau nginep dimana. Saya nanya-nanya ke kakak tingkat yang kebetulan dulu pernah ikutan LMD, dia ngasih rekomend ke asrama Salman. Setelah itu saya mencoba untuk menghubungi salah satu panitia akhwat LMD 195, malam-malam saya dichat via Line oleh salah satu teteh asrama putri Salman, namanya Teteh Rahmah. 

Dasarannya emang saya jarang buka Line dan lebih sering menggunakan WA dari pada Line, akibatnya saya telat bales chat dari tetehnya. Hikss. Akhirnya saya jadi sering-sering buka Line, menunggu balasan dari Teteh. Sebenernya sampe St. Kiaracondong jam 1 lebih, ini pun ngga on time karena keretanya ada something di tengah perjalanan. Saya memillih untuk menunggu sampe pagi baru moving ke Salman, rasanya kurang ahsan jika seorang perempuan kok berjalan sendirian malam-malam. 

Tiba waktu pagi, kira-kira jam 6 lebih saya putuskan untuk pergi menuju Masjid Salman meskipun belum dapat balasan dari Teh Rahmah, tapi tak apalah daripada jenuh menunggu di stasiun. Berangkatlah saya dengan diantar mamang Grab. Sampe sana, suasananya ngga sepi-sepi amat. Di dalam banyak orang yang sedang menunaikan sholat dhuha. Saya cari spot yang ada stop kontaknya hehe mau ngecharge sambil nunggu balasan dari Teh Rahmah. Setelah menunggu agak lama dan chatnya belum dibales-bales juga, akhirnya saya putuskan untuk sholat dhuha terlebih dahulu dan daya hp saya juga sudah lumayan. 

Selesai sholat, saya liat hp kembali banyak notif yang masuk. Tapi, saya mau buka notif Line dulu aja barangkali tetehnya udah bales lagi. Alhamdulillah, akhirnya dapat balasan dari teh Rahmah. Dia bertanya apakah saya sudah sampe di asrama apa belum. Asramanya aja saya ngga tau ada di sebelah mana, akhirnya saya dijemput di depan Rumah Amal Salman. Ternyata letak asramanya deket banget, seperlemparan saja, kesandung aja udah sampe  hehe. Asrama Putri Salman ini terletak di lantai 4, dan ada fasilitas lift untuk menjangkaunya, atau kalo mau yang sehat-sehat naik tangga juga ada kok hehehe. Setelah diantar sampe kamar khusus tamu, mulai beberes barang bawaan dan istirahat.

Seharian di kereta ngga bisa tidur susah menemukan posisi yang nyaman buat tidur udah gitu AC di dalam kereta dinaikkan suhunya karena ada ibu-ibu yang kedinginan ngga kuat sama  suhu ACnya, jadilah rasanya gerah sekali di dalam kereta. Hmm harap bersabar. Pas nunggu pagi di St. Kiaracondong juga susah tidur. Berhubung tiket kereta dari Jogja-Bandung udah abis pas pesen, akhirnya saya pilih tiket kereta Jogja-Purwokerto dan Purwokerto-Bandung,  itu pun harus transit dulu di Purwokerto setengah harian menunggu keretanya berangkat ke Bandung pada sore hari. Hikss memang sungguh penuh perjuangan sekali perjalananku menuju Bandung ini. Tak apa, ada banyak hikmah yang bisa diambil, insya Allah. 

Di tengah-tengah istirahatnya saya, seperti terdengar sayup-sayup suara orang-orang sedang berdiskusi soal Matematika. Tapi, kedua mata ini benar-benar ngga kuat untuk menengok siapakah gerangan-gerangan yang sedang berdiskusi soal Matematika itu dan akhirnya tertidur lagi wkwkw capek yo! Awalnya saya kira hanya ada saya saja di kamar tamu tersebut, ternyata ada Teteh Novi dari Padang yang hendak tes assessment dan tes wawancara Spectra.
Ketika sore menjelang maghrib waktu mau balik lagi ke asrama karena abis makan di luar, eh pas mau masuk lift tiba-tiba ada dua anak perempuan setelah tanya dan kenalan ternyata mereka juga nginep kamar tamu. Ternyata mereka berdua ini yang siang-siang berdiskusi  soal Matematika. Mereka adalah Rizka dari Sumedang dan Nadya dari Jaksel (which is, literally wehehe tapi Nadya ngga kayak gitu kok) mereka ini ikutan Smart Learning Camp, ini merupakan program dari LPP Salman ITB. Program ini merupakan program persiapan untuk mereka anak-anak SMA/MA sederajat menghadapi ujian masuk PTN. 

Mereka berdua ini katanya udah stay di asrama sejak tanggal 19 dan pulang 30 Des. Salut pokoknya sama mereka, liburannya mereka insya Allah produktif dan bermanfaat kok. Di saat yang lain berlibur dengan keluarganya, teman-temannya, tapi mereka berdua ini merelakan waktu liburannya, berpisah dari orang-orang terdekatnya untuk mempersiapkan tes-tes masuk PTN. Barakallah. Jadi inget dulu aja, saya H-1 bulan SBMPTN lagi belajar, hasilnya gagal :’( emang belum rejekinya disitu mungkin. Jangan tiru teteh ya riz, nad (wkwk lagian siapa lagi yang mau niru). 

Asik sih mereka berdua ini orangnya, of course ya mereka ini baik sekali dan sopan anak-anaknya easy going banget haha. Pasti ada aja yang dibicarakan kalo udah di kamar asrama. Mereka pernah cerita kalo di kelas tersebut perempuannya cuma mereka berdua aja (jadi minoritas ya hehe). Kita bisa ketemu biasanya kalo maghrib, menjelang tidur, dan pagi hari itu pun pas di awal-awal dan di akhir setelah kegiatan SSC dan LMD selesai. Rizka pernah ngira kalo saya abis SSC langsung pulang, padahal mah masih ada LMD. Hmm soalnya waktu mau berangkat LMD, mereka berdua keluar entah kemana ya akhirnya ngga pamitan sama mereka. Hiks. 

Oiya setelah pulang dari SSC, pas kembali lagi ke asrama saya bertemu dengan Hanifah. Hanifah ini anak Gunung Kidul. Pas saya sapa dia, dia langsung nanya apakah saya kuliah di Jogja (tau dari mana yak? wkw). Dia nginep tiga hari di asrama, katanya mau nemenin kakaknya menghadiri acara pernikahan teman kakaknya dan kakaknya juga anak asrama Salman. Hanifah ini ternyata adek kelasnya Uwik waktu SMP, tapi Uwiknya sendiri pas tak tanya malah udah lupa (duh jht ya wik kamu :p). Pas tanya-tanya sama Hanifah soal langkahnya ke depan, dia bilang pengen lanjut di Psikologi UGM. Wehehe masya Allah keren Han! Dipertahanin terus keinginannya jangan sampe lepas, saya doakan yang terbaik pokoknya buat kamu, ditunggu tahun ini di UGM ya! Btw makasih banyak ya han, udah mau nemenin saya jalan ngetan-ngulon nyari makan di sepanjang Jalan Ganesa. Keep in touch ya han hehe. Sedih juga sih cuma sebentaran aja bisa bareng Hanifah di Bandung. Pankapan ke Bandung lagi ya han hehe.

Balik lagi ke Rizka dan Nadya. Ketika esoknya saya udah mau pulang mereka nanya ke saya,
“Teteh, besok sore udah pulang ya?”
“Iya nih”
“Yaah.. bakalan sepi dong? Udah ngga bisa ngobrol-ngobrol lagi”
Entah. Dari percakapan tersebut membuat saya menjadi mellow karena bakalan berpisah sama mereka. Meskipun cuma seminggu di asrama bareng mereka itu pun ngga full, tapi saya merasakan atmosfer kenyamanan bersama mereka. Mereka udah saya anggap seperti adek-adek sendiri, apalagi notebene saya memang ngga punya adek, hanya anak ragil ketika dipertemukan dengan anak-anak seperti mereka rasanya senang sekali, serasa punya adek sendiri wkwk. Baper. 



In frame Rizka, Laila, Nadya


Jumat sore tiba, saya sudah siap-siap pergi meninggalkan asrama dan meluncur ke Stasiun Kiaracondong. Sebelum pulang, saya pamitan dulu sama mereka, ngasih sedikit semangat buat mereka. Tak lupa juga pamitan sama Teteh Rahmah, yang udah bantu saya bisa nginep di asrama. Pas mau turun niatnya jalan sendiri aja gapapa, eh malah mereka berdua nganter dan bawain tas saya yang satu sampe bawah, akhirnya di persimpangan depan rumah amal kami berpisah. Saya ucapkan selamat tinggal dan terima kasih karena udah dianterin sampe bawah juga. Udah berkaca-kaca mata ini sebenernya, tapi segera saya hapus malu juga banyak orang wkwk. 

Memang udah menjadi sebuah keniscayaan dalam setiap pertemuan itu pasti ada perpisahan. Percayalah kita bertemu ini bukan sesuatu yang kebutulan, tapi memang sudah Allah tuliskan takdirnya untuk bisa bertemu dan berpisah. Semuanya hadir atas izin Allah. Berdoa aja ya, semoga suatu hari nanti Allah izinkan kita untuk bisa bertemu kembali. Keep in touch sama Teteh ya (kan kita udah tukeran nomor WA ya wkwk) 

Teteh selalu berharap semoga kalian bisa diterima di kampus dan jurusan yang kalian inginkan, semoga kerja keras kalian mendapat balasan yang terbaik dari Allah. Teteh seneng banget bisa ketemu anak-anak yang penuh semangat kayak kalian, hal itu menjadi motivasi tersendiri bagi Teteh. Pokoknya siapkan amunisi kalian menghadapi semester terakhir ini, sukses terus buat TOnya, Uprak, US, UN, SNM, SBM, UMnya semangat pokoknyaa! Jangan pernah lelah ya, berlelah-lelahlah sampai lelah itu benar-benar merasa lelah dan menyerah mengikutimu. Jangan pernah putus juga minta sama Allah. Ngga ada yang ngga mungkin bagi Allah, minta aja sama Allah yang punya juga Allah kan?  Bagi Allah, apasih ngga buat hamba-hamba-Nya? Toh udah janji-Nya Allah siapa yang berdoa, siapa yang minta kepada-Nya bakalan dikasih, bakalan dikabulin. 

See you on top ya adek-adekku!

Comments