My First Logo Self Branding Design


Bismillah..
Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Ceritanya, di pertemuan minggu lalu di mata kuliah praktik komputer 2 dosennya minta buat brain storming logo tentang self branding. Dan coba-coba desain semampu yang ku bisa wkwk toh juga masih dalam tahapan belajar juga sih newbie banget pokoknya lah yaa, dulu sebenernya waktu SMA juga mapel TIKnya belajar tentang CorelDraw tapi kan kalo waktu SMA fokusannya ngga kayak sekarang. Fokusan sekarang adalah lebih ke desain, karena setiap minggunya kita juga diminta buat setor logo hasil dari desain kita sendiri.

Hasil desain ala saya wkwk


Tidak hanya berhenti pada mendesain logonya saja, tapi kita juga diminta untuk memberikan filosofi dari setiap elemen yang ada pada logo yang telah kita buat. Dan beginilah kira-kira filosofi dari logo yang telah saya buat:

1.       Alila. Tulisan “Alila” sendiri adalah nama pena saya. ‘A’ adalah huruf kedua yang saya tarik ke depan.


2.       Lingkaran. Lingkaran sering digambarkan memiliki sifat yang dinamis. Lingkaran tidak memiliki awalan dan akhiran sesuatu yang berulang, tidak terputus.  Dalam hidup ini saya ingin menjadi seorang dinamis, mudah berpindah dan bergerak sesuai dengan perkembangan kehidupan yang ada.  Karena hidup kita di dunia ini hanya sekali, saya ingin meninggalkan sebuah jejak kebaikan kepada sesama. Saya ingin kebaikan tersebut terus terulang dan terulang untuk terjadi dan tak akan berhenti pada satu titik saja, namun terus berjalan menjadi sebuah kebaikan yang terus menyebar hingga tiada henti.

3.       Garis gelombang. Dalam hidup ini, setiap manusia pasti memiliki masalahnya masing-masing. Tidak mungkin hidup kita selalu dalam posisi yang tenang, ada masanya hidup kita bak diterjang badai gelombang yang akan membuat hidup kita menjadi berguncang dan oleng. Namun, guncangan gelombang tersebutlah yang akan membuat hidup kita menjadi memiliki kesan bahwa hidup kita tidaklah terlalu datar. Guncangan gelombang yang ada tidak akan membuat kita menjadi terhempas terbawa arus, namun akan membuat kita menjadi pribadi yang kuat dan tangguh jika tahu seperti apa strategi yang akan kita lakukan dan bagaimana cara kita menghadapinya.

4.       Warna biru. Biru merupakan salah satu warna favorit saya, jadi agar bisa mencirikan jika biru itu identik dengan saya. Warna biru memiliki makna kesetiaan, ketenangan, dan bisa diandalkan. Saya ingin menjadi orang yang setia terhadap siapapun, entah keadaannya dalam kesusahan atau kebahagiaan saya ingin terus berada di sampingnya. Ketenangan merupakan salah satu kunci ketika  menghadapi sebuah permasalahan. Banyak orang yang terlalu gusar ketika hidupnya diguncang suatu masalah, padahal cukuplah kita menjadi tenang dulu. Karena sebenarnya permasalahan itu datang kepada kita atas izin-Nya dan akan pergi juga karena izin-Nya. Dan saya juga ingin menjadi seseorang bisa diandalkan oleh orang lain.

5.       Segitiga kecil. Dua garis miring di sisi tulisan saya kombinasikan dengan garis bergelombang, jika kita perhatikan dengan seksama garis gelombang di bawah tulisan semisal ditarik lurus akan menjadi sebuah segitiga. Segitiga selalu disimbolkan sebagai arah penunjuk, jika ada arah penunjuk berarti ada tujuan yang hendak dituju. Ya, saya ingin setiap apa yang dilakukan memiliki tujuan yang jelas dan kita diciptakan di dunia ini juga pasti ada tujuannya kan? Selain itu, segitiga tersebut saya artikan sebagai atap sebuah rumah. Suatu hari nanti saya akan menjadi bagian dari sebuah rumah dari kelurga saya sendiri. Rumah bukan sekedar rumah. Bukan rumah yang disinggahi sementara, lalu ditinggal pergi. Tapi, rumah yang benar-benar bisa memberikan kenyamanan kepada penghuninya hingga penghuninya enggan untuk meninggalkan rumah tersebut.

Hehe saya mohon kritik dan saran yang membangun dari teman-teman yang budiman tentang desain logo saya maupun filosofinya, dimana harapannya krisan dari teman-teman yang budiman bisa saya gunakan untuk perbaikan dalam mendesain ke depannya. Btw, maaf ya desainnya B aja dan sederhana banget wkwk kata bapak dosennya mah gpp dulu yang penting itu prosesnya ehehe. But, insya Allah saya akan terus belajar dan berlatih soal desain-mendesain hehe pengenlah nanti logo dari brand bisnis saya adalah hasil tangan sendiri dan masih pengen ngotak-ngatik tampilan blog ini juga. ehehe cukup sekian tulisan saya ini, terima kasih udah mau mampir.

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Comments