Move On dari UNNES


Bismillah..
Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh



Seringkali dulu jika masih sekolah dan ditanya mau kuliah dimana, pasti dengan yakin saya menjawab “UNNES”. Tau kan UNNES? Itu lho univ yang warna jas almetnya mencolok, berwarna kuning. Kepanjangannya adalah Universitas Negeri Semarang, letak kampusnya ada di Semarang atas yaitu daerah Gunung Pati. Ada juga kampus UNNES yang terletak di daerah bawah yaitu Ngaliyan dan Tegal, dengan jurusan PGSD. For more info about UNNES bisa googling sendiri yaah hehe.

Bermula saat kelas X semester dua pelajaran BK, gurunya ngasih tugas ke kita suruh nulis rencana kita setelah lulus SMA kira-kira mau kuliah dimana, jurusan apa, alamat kampusnya dimana. Iya sih awalnya dulu saya sempat bingung mau ditulis apa, ngga boleh ngasal nih kan ini buat masa depanku. Selama di rumah saya coba googling univ. yang ada di daerah Semarang. Muncul banyak sekali, salah satunya ya UNNES. Lalu saya mulai baca-baca informasi di web kampusnya, bagaimana kehidupan kampusnya, rekam jejaknya, dan jurusan-jurusannya. Setelah itu saya jadi kepikiran pengen kuliah di UNNES aja, trus inceran jurusannya Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Di UNNES soal makan dan tempat tinggalnya cukup murah, katanya. Selain itu, kalo dari rumah juga waktu tempuhnya palingan 1,5 jam lah, Kendal-Semarang ehehe. Karena deket ntar bisa pulang tiap dua minggu sekali atau seminggu sekali wkwkwk. Mbak saya dulu juga nyaranin coba masuk UNNES aja.

Oh iya mengapa saya memilih jurusan yang berbau-bau Bahasa Inggris? Karena passion saya ada di sana sejak kecil saya suka dengan Bahasa Inggris, saya ingin belajar lebih dalam tentangnya. Saya suka dengan dunia sastra. Selain itu, saya ingin suatu hari nanti bisa pergi ke London menyusuri keindahan kotanya memandang London Bridge, Big Ben Tower yang megah. Hehe doakan saja ya semoga hajatnya bisa dikabulin sama yang di atas. Saya ngga pengen kuliah nanti asal masuk, asal pilih jurusan. Saya pengen jurusan yang saya pilih itu ya sesuai dengan passion dan minat sendiri. Makanya dari dulu milih jurusannya selalu yang ada Bahasa Inggrisnya wkwk. Sampe-sampe tuh orang kalo nanya ke saya “lho kok Sastra? Kenapa ngga akuntansi atau manajemen aja?” ehehe.

Saking ngebetnya pengen masuk B. Inggris UNNES, sampe setiap kali corat-coret di buku pasti tulisannya “Sastra Inggris – Pend. Bahasa Inggris UNNES”. Sampe-sampe akun media sosialnya UNNES banyak yang saya follow. Pernah juga ikut beberapa events perlombaan yang diselenggarakan oleh UNNES, salah satu alasan ikutnya biar makin dekat dan bisa mengenal lebih tentangnya #eeaaaaak. Sampe-sampe saya tulis di dalam buku my life plan, apa saja yang ingin saya capai kalo kuliah di UNNES nanti, mau ikut UKM apa aja hehe padahal saat itu saya masih kelas XI, futuristik!  Ya pokoknya kekeuh banget dulu itu pengen masuk ke sana.

corat-coretannya

Waktu berganti waktu hingga tiba di ujung masa putih abu-abu ku. Sudah mulai sibuk persiapan UN dan pendaftaran masuk kampus. Di awal-awal minggu pasca liburan semester ganjl, banyak kampus yang melakukan sosialisasi di sekolah kami. Hingga akhirnya tiba jadwalnya kampus itu masuk dan melakukan sosialisasi, terlihat dari luar kelas sekumpulan mahasiswa dengan mengenakan almamater yang warnanya asing dan baru saya lihat, warnanya sulit ditebak. Setelah diantar oleh guru BK masuk ke kelas, ternyata mereka mahasiswa PTN yang berasal dari kota istimewa. Apa hayoo? Hayoo apa? Yaaash! Mereka dari UGM, mereka adalah Keluarga Mahasiswa Kendal UGM atau disingkatnya KMK UGM. Per kelasnya Cuma diisi dua orang aja sih dengan alokasi waktu satu jam pelajaran yaitu 45 menit. Setelah dijelaskan tentang kampus UGM, sejak saat itulah keinginan saya akan UNNES menjadi sedikit goyah dan tergeser. UNNES yang dulunya selalu di hati, selalu dalam pikiran, selalu dalam angan-angan kok sejak dapet sosialisasi tentang kampus UGM jadi pengen masuk UGM gini ya? Duh!

Awalnya saya sempat bingung dan dilema, karena saya sudah fix kalo snmptn pilihan kampusnya adalah UNNES dan UNY. Saya pikir-pikir lagi, ditimbang dengan matang apapun nanti hasil ke depannya harus saya terima dengan lapang. Akhirnya, saya mengganti UNY dengan UGM. Plan awal urutan kampus dan prodi snmptn adalah pilihan pertama UNNES, pilihan kedua UNY. Namun, karena saya berubah pikiran akhirnya plan tersebut saya ubah menjadi pilihan pertama UGM dan pilihan kedua adalah UNNES. Saya adukan dan berdoa pada Allah bahwa pilihan univnya saya ganti, semoga Allah berikan saya hasil yang terbaik. Untuk prodinya saya ambil Sastra Inggris – Sastra Inggris – Pend. Bahasa Inggris.

Karena mendapat permintaan maaf dari panitia snmptn, akhirnya ya daftar sbmptn. Di sbmptn ini univ dan prodinya masih sama, tapi saya hapus Pend. B. Inggris diganti dengan Sastra Inggris – UNY. FYI, di sbmptn ini kita boleh kok memilih tiga univ yang berbeda kalo di snmptn kan kita hanya boleh memilih dua univ aja. Urutan univnya waktu itu UGM-UNY-UNNES. Untuk hasil sbmptnnya sendiri gimana? “TIDAK LOLOS” ya seperti itu lah hasilnya, panitia sbmptnnya minta maaf dan ngasih semangat biar ngga putus asa hehehe. Di sini saya mulai bingung, mau kuliah tapi kok belum dapet kampusnya, jadi mikir ternyata seperti ini ya susahnya mau masuk PTN.

Punya niat mau ikut Seleksi Mandiri UNNES, tapi masih maju mundur buat daftar karena saya ingin gap year di tahun pertama pasca lulus SMA. Ya akhirnya dengan kemantapan hati daftarlah diri ini SM UNNES dengan prodi yang masih sama wkwk yaitu Pend. Bahasa Inggris – Sastra Inggris. Qadarullah, dua minggu sebelum pelaksanaan SM ternyata saya mendapat panggilan kerja lamaran pekerjaan yang saya kirim sebelum hari raya idul fitri itu ternyata diterima. Pada akhirnya saya memilih gap year, masuk kerja dan ngga jadi ikutan SM. Huhu maafkan, tahun depan saya mau ikutan lagi kok insya Allah.

Singkat cerita, ceritanya disingkat-singkat wkwk pendaftaran sbmptn sudah mulai dibuka. Tapi, di sbmptn tahun ini saya ngga ngambil UNNES. Univ dan prodinya pun banyak yang saya ubah, di sbmptn tahun ini tetep milih UGM lagi, tapi prodinya saya ganti menjadi Sastra Arab. Eh lha kok diubah gitu? Saya sempat berpikiran, apakah iya Bahasa Inggris itu jalan hidup saya? Tapi kok dari dulu saya ambil prodi yang berbau-bau Bahasa Inggris ngga ada yang lolos sekalipun, mungkin saya perlu pindah ke yang lain. Ya begitulah pikiran saya saat itu hingga akhirnya menggesernya menjadi Sastra Arab. Kok Bahasa Arab sih? Kenapa ngga Bahasa Indonesia atau Jepang aja gitu? Hehe soalnya di madrasah dulu juga pernah belajar Bahasa Arab dan waktu SMA mata pelajaran bahasa asingnya selama tiga tahun berturut-turut adalah Bahasa Arab, lagian Bahasa Arab itu kan juga sebagai bahasanya Al-Qur’an.

Di sbmptn tahun ini hasilnya seperti apa? Masih sama kok seperti tahun sebelumnya, “TIDAK LOLOS” hmmm baiklah mungkin ini memang bukan jalannya saya untuk bisa lolos. Karena masih belum juga dapet tempat buat kuliah, sesuai janji saya di tahun sebelumnya saya daftar SM UNNES dengan prodi Sastra Inggris – Pendidikan Bahasa Arab. Ehehe ganti lagi kan? Alesannya sih prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNNES itu peminatnya banyak, apalagi ini jalur mandiri kuotanya tak sebanyak snmptn atau sbmptn lagian juga udah milih Sastra Inggris.

Selain ikut SM UNNES, saya juga ikut UTUL gelombang duanya UGM. UTUL atau Ujian Tulis adalah nama ujian mandirinya UGM, UTUL dua ini merupakan selaksi masuk khusus untuk program diploma Sekolah Vokasi. Untuk tahun 2018 ini, UTUL gelombang duanya udah ngga menggunakan tes tertulis seperti tahun-tahun sebelumnya tapi, pola seleksinya menggunakan nilai tes UTUL gelombang pertama. Jadi, kalo ngga ikutan UTUL gelombang pertama ya ngga bisa ikut gelombang duanya.

Kembali ke cerita awal, ternyata jadwal antara UTUL dan SM itu berdekatan. UTUL tgl 8 Juli, sementara SM tgl 9 Juli. Ini artinya habis tes di Jogja langsung meluncur ke Semarang. Awalnya sih abis selesai tes pengennya langsung meluncur ke Semarang, tapi karena saya tesnya kelas soshum jadi pulangnya sampe sore. Kalo dilanjut langsung pulang, nanti sampe Semarangnya malah kemaleman dan ngga baik juga, lagian tau sendiri kan jalanan menuju UNNES itu seperti apa? Di satu sisi temen saya yang udah kuliah di UNNES bisa ke Semarangnya pas tgl 9, nanti tambah bingung lagi mau nginep dimana. Yaudah akhirnya ngga jadi langsung pulang dan bermalam dulu di Jogja. Keesokan harinya, subuh-subuh itu Jogja diguyur hujan lumayan deras sih. Saya sempat khawatir, ini gimana kalo sampe setengah enam hujannya belum juga berhenti. Saya berdoa dan pasrah, semoga Allah memudahkan urusanku di hari ini.

Akhirnya hujannya reda, pukul setengah enam pergi meninggalkan kawasan kampus UGM, langsung ke Terminal Jombor nyari bus jurusan Semarang. Pukul 06:09 bus pergi meninggalkan kota Jogja dan meluncur menuju Semarang, karena naik bus patas jadi lumayan cepet sih nyampenya, kira-kira hanya memakan waktu 2,5 jam. Di dalam bus saya terus berdoa semoga masih bisa ikut tes dan ngga terjebak macet, tau sendiri ya namanya weekend dan masih liburan bisa aja kan lalu lintasnya jadi macet. Berhubung saya soshum, jadi tesnya agak siang jam setengah 11 dan sampe semarang jam setengah Sembilan. Masih punya banyak waktu, saya gunakan waktu tersebut untuk survey lokasi tesnya, hihi baru kali ini rasanya mau tes survey lokasinya dadakan.

Pengumuman antara UTUL dan SM lebih dulu UTULnya yaitu tgl 14 Juli dan SM tgl 18 Juli. Saya bener-bener pasrah pada Allah akan hasilnya, lolos atau ngga lolos, dimana pun lolosnya itu sudah Allah berikan yang terbaik untukku. Pengumuman UTUL saya buka tgl 15 pagi, karena pengumumannya malam jadi saya tinggal tidur dulu deh. Bangun tengah malem, harusnya ambil wudhu trus sholat, eh ini malah cek hp trus buka pengumuman. duh! Ampuni diri ini Ya Rabb.
Kaget saya liat layar hp, layar tersebut bertuliskan “SELAMAT” refleks saya langsung menangis *mewek mode on* mengucap syukur dan berterima kasih pada Allah. Ya Allah, Alhamdulillah terima kasih akhirnya UGM menerima saya, setelah empat kali ditolak UGM tapi saya ngga pernah kapok buat ngejar dia wkwkwk.

Lalu bagaimana dengan hasil SM UNNESnya? Hmm saya sih udah ngga begitu terlalu berharap banyak ya, karena sudah ada yang menerima saya terlebih dulu ehehe. Lagian sembari menunggu pengumuman SM, waktunya saya gunakan buat ngerjain tugas PPSMB dan pemberkasan. Tgl 18 Juli tiba, dan saya ngga buka pengumumannya, dibukain sama temen trus saya dikirim screenshotnya melalui WA. Dan voila!! Tulisannya “TIDAK LOLOS” hikss sempet sedih sih, tapi sebentar kok hihi abis itu lanjut ngerjain tugas lagi hehe. Sudah terhitung tiga kali saya ditolak UNNES, sebuah kampus yang awalnya menjadi kampus impian saya untuk menuntut ilmu, berproses, dan berdinamika. Tapi, tak apalah mungkin UNNES bukanlah jalanku saya yakin atas apa yang telah Allah pilihkan, Allah Maha Tahu. Allah tau mana yang terbaik untuk hamba-Nya, kita sebagai hamba tau apa sih? Allah itu udah aturin, udah rancangin buat kita, kita tinggal terima jadi dan menjalankannya. Seiring dengan berjalannya waktu, kenangan-kenangan saya akan UNNES, bayang-bayang akan UNNES sudah mulai terhapus. Saya harus melangkah dengan semangat dan yakin di sini. Sebenernya sih setelah sbmptn tahun pertama, saya jadinya memutuskan untuk memilih masuk UGM aja hehe.

Sebenernya kalo di UNNES tuh ada banyak temen dan kakak kelas yang udah kuliah di sana. Sementara di UGM sini kakak kelasnya minim dan mereka udah lulus semua, tinggal lah saya seorang diri di sini, jarang juga teman-teman yang memutuskan untuk kuliah di Jogja. Kebanyakan dari mereka lebih memilih kuliah di Semarang yaiyalah kan deket cuma tetangga sebelah yang setiap saat bisa pulang kapan aja. Meskipun begitu, saya nikmati kok jarak yang jauh dari rumah ini, yang bisa pulangnya kalo tiap liburan semester datang atau jika ada keperluan mendesak. Jarak yang jauh pada akhirnya mengajarkan padaku arti sebuah kerinduan dan kebersamaan pada orang-orang yang saya sayangi.

Sekian dulu ya, cerita dari saya ini semoga teman-teman semua yang membaca ini bisa mengambil pelajaran dari cerita saya ini. Terima kasih sudah berkunjung ^_^

Comments