Kuliah atau Kerja?


Bismillah..
Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.



Seperti janjiku di postingan sebelumnya, saya mau share kelanjutan dari postingan sebelumnya tapi, sebelumnya maaf nih maaf karena saya baru bisa nulis sekarang. Padahal postingan sebelmnya ditulis pada Juni 2017 dan sekarang udah Mei 2018, udah hampir setahun aja yaa wkwk nah maka dari itu saya mau minta maaf dulu kan. Hmmm baiklah, let it go!

Jadi pada bertanya-tanya kan setelah lulus SMA saya akhirnya kemana? Eh serius ada yang nanya kan? Huehuee takutnya ngga ada yang nanya :D oke, kalo menurut kalian saya kemana setelah lulus? Nah ini kenapa saya sendiri yang balik nanya (?) hehe maaf lagi deh.
Sebenernya saya memiliki rencana mau kuliah setelah lulus SMA, tapi qadarullah saya malah jadinya kerja. Saya masih ingat ketika ikut BPUN dulu, saya ditanya oleh salah satu panitia namanya mas Adi beliau bertanya pada saya,

 “kalo kamu plan B nya apa, misal belum bisa kuliah tahun ini?”
“plan B? plan B apa maksudnya mas?”
“iyalah, kita harus punya rencana kedua atau plan B jika ternyata plan pertama kita belum bisa tercapai atau gagal. Misal kamu mau kerja dulu atau fokus bimbingan belajar.”

Lantas dari pertanyaannya tersebut membuat saya menjadi tersadarkan dan merenungi kembali, bahwa saya akhir-akhir ini terlalu memikirkan berhasilnya aja, tanpa memikirkan kemungkinan besar terjadinya kegagalan (astaghfirullah). Setelah itu saya mencoba bertanya pada teman-teman saya sendiri yang berencana mau kerja, saya tanya mereka mau nglamar kerja dimana aja, kerjanya kayak apa, lokasinya dimana, dll. Sembari menunggu pengumuman SBMPTN, saya mulai nyicil ngurus surat-surat buat keperluan ngelamar kerja such as surat keterangan sehat, SKCK, nyicil nulis surat lamaran dan mengumpulkan beberapa berkas lain yang dibutuhkan.

Sebenernya saudara saya sendiri udah bilang sama saya lebih dulu buat nyari info-info loker, tapi agaknya waktu itu saya yang cuek, saya bener-bener cuek dalam pikiran sendiri berkata “apa sih maksudnya, aku kan mau kuliah dulu” saya merasa sombong sekali kala itu (astaghfirullah). Bapak sebenernya pengen  setelah lulus SMA saya kerja aja, untuk apa sekolah-sekolah lagi lagian kan udah 12 tahun sekolah apakah waktu sebanyak itu masih belum cukup puas untuk belajar? Ya mungkin itu lah yang ada dalam pikiran bapak, sementara saudara saya berpendapat boleh-boleh aja kalo mau kuliah tapi lebih baiknya kamu kerja dulu buat nabung biaya kuliah nantinya atau kalo ngga mau gitu kamu bisa pillih kuliah sambil kerja, kamu  pasti bisa! Kamu pasti kuat!. Ya begitulah saran darinya, tapi lagi-lagi saya keukeuh dan cuek.

Hingga akhirnya tibalah waktu pengumuman SBMPTN yang udah ditunggu-tunggu, dan hasilnya saya ngga lolos SBMPTN 2016, dikasih semangat dan permintaan maaf dari panitia. Malemnya pun saya menulis surat lamaran dan menyiapkan berkas-berkas yang hendak saya kirim ke perusahaan targetanku, menulis surat sembari mencoba mengikhlaskan dan melupakan yang sudah-sudah, toh semuanya juga terjadi atas izin Allah, mungkin menurut kita itu adalah yang paling baik buat kita, tapi di hadapan Allah sendiri apakah itu benar-benar yang terbaik untuk kita? Siapa tau kan Allah pengen menghindarkan kita dari keburukan yang ada di dalamnya. Wallahua’lam.

Setelah cerita sama bapak kalo ternyata saya ngga lolos SBMPTN, bapak malah memberikan opsi kebebasan kepadaku terserah mau pilih yang mana, kalo mau kerja ya silahkan kalo masih mau nyoba lagi buat kuliah ya silahkan. Seketika itu juga saya merasa tercerahkan, saya jadi pengen daftar UM UNNES jalur bidikmisi dan tanpa babibu saya langsung eksekusi buat daftar. Tapi, lagi-lagi di satu sisi saya masih merasakan dilematis yang mendalam (hmm lebay ya?!)

Saya masih terngiang permintaan saudara saya yang menginginkan saya untuk bekerja lebih dulu aja, nyari biaya buat kuliahnya. Iya, emang sih secara udah ngga ada lagi yang bisa ngebiayain kuliahku. Bapak-Ibu sudah tak sanggup lagi, sementara saudara-saudaraku sudah memiliki keluarga sendiri-sendiri. Bismillah, pada akhirnya saya telah bulat dengan jalan yang saya pilih. Akhirnya  saya memutuskan untuk bekerja dulu di tahun pertama kelulusan, sekalian nunggu waktu SBMPTN 2017.

Setelah seminggu mengirimkan surat lamaran, Alhamdulillah akhirnya saya mendapat panggilan kerja di salah satu perusahaan milik asing di Semarang. Saya awalnya ngga nyangka bisa lolos masuk ke sana, secara saya hanyalah seorang fresh graduated berijazahkan SMA, belum pernah punya pengalaman kerja sama sekali, dan minim sekali skillsnya sementara ini adalah termasuk perusahaan yang bonafit. Tapi, itu lah kuasa Allah tidak ada yang bisa menolak atau menghalanginya jika Dia sudah berkehendak.

 Sebenernya banyak sih yang kaget dan bingung, ketika tau ternyata saya bekerja bukan malah kuliah.
“lho, Laila katanya mau kuliah kan? Kok malah jadinya kerja?”
Ya, seperti itulah pertanyaan mereka, mereka sendiri malahan yang bingung bukan saya wkwk. Selain itu, ada juga yang berstatement kepada saya yang mengatakan bahwa orang yang awalnya mau kuliah tapi malah jadinya kerja nanti yang ada dia bakalan lupa sama tujuannya buat kuliah, karena dia sudah terlanjur asyik mencari uang. Ah kalo menurut saya sendiri sih itu tergantung dari individu masing-masing ya dalam mempertahankan impiannya, jangan genggam impian kita sendirian tapi titipkan juga impian-impian kita kepada-Nya.

Tak lupa juga saya tetap membawa materi dan buku-buku soal SBMPTN dan UM. Lelah? Pasti! Mengurungkan niat untuk belajar? Jangan!! Iya, kadang saya merasa egois sekali dengan diri saya sendiri ketika fisik saya yang sudah lelah karena seharian tenaganya telah diporsir untuk bekerja, tapi malamnya seusai pulang kerja saya memaksakan diri untuk tetap belajar sebenarnya otak sudah menolak tapi entah mengapa saya sendiri masih keukeuh untuk membaca materi atau latihan mengerjakan soal. Betapa saya sudah tega mendzalimi diri sendiri. Allahumma Fighrli Ya Ghofar.

Kadang di saat saya sedang belajar dan ada teman yang melihat pasti mereka akan bertanya,
“Laila kok masih belajar kayak gituan, mau daftar kuliah lagi ya tahun depan”
Mungkin mereka akan bertanya –tanya, kalo mau kuliah lagi ngapain repot-repot kerja sih? Kenapa ngga fokus aja buat persiapan masuk kuliahnya? Yaaapz! Because you will never know what I feel. 

Memang ya bekerja sambil belajar itu tidak mudah, karena kita harus membagi dua fokus sekaligus dan pinter-pinteran bagi waktu juga tentunya. Saya jadi sangat salut pada orang-orang di luar sana yang bekerja sambil kuliah, lima hari digunakan untuk bekerja sementara weekendnya mereka gunakan untuk kuliah atau paginya bekerja, malamnya kuliah. Hmmm masya Allah sekali kan ya bagi mereka-mereka yang berjuang seperti itu, semoga apa yang mereka usahakan mendapatkan ridho dan keberkahan dari Allah. Sebenernya sih saya kerjanya ngga menetap di satu itu aja, tapi pindah wkwk keliatan banget ya nomadennya. Kapan-kapan insya Allah disambung lagi kemana saja saya bekerja, soalnya kalo ditulis sekalian di sini kayaknya bakalan panjang banget hehe.

Ya, intinya di tahun pertama kelulusanku ini karena jalannya saya belum bisa kuliah akhirnya saya putuskan untuk bekerja terlebih dahulu, tapi tetap tidak boleh melupakan niat awal untuk kuliah. Saya bekerja hasilnya untuk ditabung buat biaya kuliah, membantu meringankan beban orang tua. Saya harus sadar  sudah tidak ada lagi saudara yang bisa membantu membiayai, orang tua jangan tanyakan lagi mereka sudah waktunya istirahat sebenernya. Saya harus mikir, saya harus bisa mandiri, saya harus kerja keras. Tak apa jika saya harus bermandikan keringat, berpeluh-peluh, harus nangis darah dulu, merasakan sakit ini-itu yang penting saya nanti masih bisa melanjutkan pendidikan.

Mungkin kamu yang baru lulus SMA/SMK masih bingung mau lanjut kemana, terserah dirimu sendiri semua ada di tanganmu, kamu mau pilih yang mana, kamu mau melangkah kemana itu semua adalah hakmu. Setelah lulus mau kerja, kuliah, atau nikah it’s ok kok ngga ada yang buruk semuanya baik, yang penting apa yang kau pilih itu kau niatkan untuk menggapai ridho-Nya.

Semoga kita semua bisa mengambil pelajaran dari secuil ceritaku kali ini.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Comments